Guru SMAN 1 Kampak telah memahami bahwa kemampuan individu Siswa di Abad 21 perlu memiliki beragam kompetensi agar mampu bersaing dalam kehidupannya. Proses pembelajaran selalu diusahakan mengarah pada pengembangan potensi individu tidak sebatas kognitif atau pengetahuan saja, namun harus mengembangkan kemampuan literasi dasar, pemacahan masalah dan penguatan karakter. Agar pembelajaran tidak dipahami sebatas berada di dalam kelas namun dimanapun dan kapanpun dapat menjadi kesempatan belajar bagi Siswa, maka dikembangkanlah program Literasi Taman Sekolah. Program tersebut melibatkan para siswa secara langsung dibimbing oleh Guru dan Satgas Peduli Lingkungan.
Tujuan pelaksanaan program Literasi Taman Sekolah ini, Siswa diharapkan mampu memberikan labelisasi berupa barcode pada tanaman tertentu yang tertaut pada pengetahuan sesuai jenis tanaman yang diberikan label padanya. Secara teknis tahapan kegiatan ini adalah: 1) Guru memberikan contoh pembuatan barcode dengan aplikasi smartphone berbasis Android seperti Barcode Generator. 2) Guru membimbing Siswa untuk melakukan searching pengetahuan di internet tentang jenis tanaman tertentu yang ada di depan kelas maupun halaman sekolah, kemudian melakukan perubahan alamat website dimana hasil searching ditemukan menjadi barcode. 3) Melakukan pencetakan barcode dan memberikan pengamanan plastik atau leminasi agar dapat lebih tahan air. 4) Menaruh barcode pada tanaman yang sesuai. Apabila ada yang ingin mengetahui informasi tentang pengetahuan suatu tanaman, seseorang cukup melakukan scan barcode dengan smartphone Android miliknya.
0 Komentar